Friday, January 13, 2012

v^^v Mengenal Rajutan dan Merenda v^^v


mari belajar merajut.. :D
merajut or merenda bukan hal yang susah kok..apa sih yang sulit kalau kita ingin belajar dan mencoba.. ^^
saat memandang rajutan mungkin kita akan terkagum-kagum dan akan berkata dalam hati ini pasti sulit..namun sebenarnya tidak sulit saat kita dah tahu bagaimana teknik-teknikx..
sebelum merajut mari yuk kita bahas sekilas tentang sejarah merajut..^^
Merajut pertama kali dilakukan oleh kaum pria di Jazirah Arab, Timur Tengah. Tujuannya untuk membuat permadani yang diperdagangkan oleh para pedagang Arab. Keterampilan merajut kemudian mengasilkan permadani yang kemudian disebar ke berbagai belahan dunia. Di Asia mula-mula dikenal di daerah Tibet. Di Eropa mulai dikenal di Spanyol kemudian ke daerah pelabuhan di wilayah Mediterania. Kemudian oleh bangsa Spanyol, keterampilan merajut kemudian menyebar ke wilayah Eropa lainnya.

Lambat laun karena ada kolonisasi Eropa di berbagai wilayah dunia, keterampilan ini menyebar hingga ke Amerika, Afrika, dan Asia. Merajut dan merenda disebarluaskan di Indonesia oleh bangsa Belanda, sehingga lebih sering dikenal dengan istilah hakken (merenda) dan breien (merajut). Saat ini kegiatan merajut, yang tadinya pekerjaan kaum pria, banyak diminati kaum wanita.

Merajut dan merenda, serupa namun tak sama. Kedua kegiatan ini sama-sama menautkan benang, namun menggunakan teknik dan alat yang berbeda sehingga memberikan hasil akhir yang berbeda pula. Dalam bahasa Inggris, rajut berasal dari kata knit sedangkan renda dari kata crochet.

Apa yang membedakan antara merajut dan merenda? Perbedaan pertama adalah alat yang digunakan memang berbeda. Jarum dan aksesoris yang digunakan saat merajut berbeda dengan jarum untuk merenda dan caranya pun berbeda. Dalam satu tusukan saat merenda akan mengkaitkan lebih banyak benang dibanding merajut. Karena itu hasil akhir merajut dan merenda akan berbeda. Hasil akhir merenda akan lebih kaku dibanding merajut karena jumlah kaitan benang yang lebih banyak dalam satu tusukan.

Jadi jangan ragu-ragu untuk mulai merajut, mengisi waktu luang dengan kegiatan yg kreatif dan bermanfaat. Kita bisa belajar sendiri via youtube kok.
mari membeli benang dan alat-alat merajut. Kalau sudah tahu caranya akan sangat menyenangkan dan menghilangkan streeess..apalagi setelah melihat hasil dari rajutan kita sendiri.. SELAMAT MENCOBA.. :D

MY CROCHET.. ^^



0 comments:

Post a Comment